Apple Sudah Tak Inovatif ? Nyatanya Tetap Mendikte Pasar

Apple Sudah Tak Inovatif ? Nyatanya Tetap Mendikte Pasar

Perusahaan besutan Steve Job ini dari dulu dikenal dengan inovasinya yang mampu merubah tren pasar saat itu, walau juga dikenal sebagai perusahaan yang mengambil keuntungan terlalu besar disetiap produknya.

Namun dari berbagai sisi negatif apple, tetap saja produknya banyak diminati dan laku keras di berbagai negara. Apple seakan punya pesona tersendiri untuk memikat para fanboynya. Produk-produk Apple dikenal dengan perfeksionisnya dari segi desain, hardware, sampai iOs-nya. Namun beberapa tahun ini banyak yang bilang Apple sudah kehilangan inovasinya setelah sepeninggal Steve Job.

Produk Apple dari Masa ke Masa

Tetapiii, jika jeli melihat produk-produk apple mulai awal hingga saat ini. Sebenarnya dari dulu emang ga inovatif-inovatif amat. Contohnya nih saat apple mengenalkan mouse yang saat itu sebenarnya perusahaan Xerox-lah yang pertama kali memilikinya, dan ketika Apple mengenalkan ipad sebenarnya sudah ada benda serupa yang dikenalkan oleh microsoft.

Setelah Apple merilis produknya, pasti banyak sekali merek lain yang meniru desain serta fungsinya. Seakan-akan Apple adalah produk terbaik yang harus di jadikan panutan saat itu. Ini lah beberapa inovasi apple yang banyak ditiru oleh para pesaingnya.

Baterai Non Removable :

Baterai Non Removable

Sejak Apple mengenalkan iPhone pertama, baterai iPhone memang selalu Non-Removable, Banyak yang bilang itu menyusahkan jika nantinya baterai rusak. Namun sekarang makin banyak HP yang baterainya Non-Removable.

Chip 64bit :

Chip 64bit

Ketika iPhone 5s dirilis dengan arsitektur 64bit, banyak yang menilai tidak terlalu berguna untuk ponsel saat itu. Namun nyatanya kini sudah hampir semua smartphone menggunakan arsitektur 64bit. Dan iPhone 5s masih bisa diupgrade dengan terbaru saat ini iOS 11.

Sensor Sidik Jari :

Sensor Sidik Jari

Banyak yang menilai untuk apa keamanan sidik jari sampai di sematkan pada sebuah ponsel, Tetapi saat ini smartphone 1jt an pun sudah ada sensor sidik jarinya walaupun posisi penempatannya nyusahin banget di belakang hp.

Desain iPhone 6 :

Desain iPhone 6

iPhone yang terkenal mudah bengkok ini memiliki desain garis antena yang dinilai menjilak milik HTC, tetapi setelah iPhone 6 dirilis, perubahan desain dunia persmartphone-an menjadi sama semua.

HP tanpa jack audio :

HP tanpa jack audio

Jack Audio yang masih sering digunakan banyak orang secara mengejutkan dihilangkan dari iPhone 7 karena dianggap sudah usang dan menggantinya dengan koneksi wireless atau dengan converter ke lightning. Dan kini mulai dari xiaomi hingga google pixel 2 yang baru keluar kemarin pun turut menghilangkan port tersebut.

Hanya menyisakan USB Type C:

Hanya menyisakan USB Type C

Perubahan besar dilakukan Apple ketika merilis Macbook Pro 2016 yaitu hanya menyisakan port USB type C demi mengejar ketipisan macbooknya. Dan sekarang laptop-laptop tipis pun juga cuman menyediakan USB type C. Mungkin kedepan akan banyak Flashdisk yang menggunakan colokan USB type C saja.

Kemungkinan Kedepan:

Kemungkinan Kedepan

Pada awalnya banyak yang mencibir ketika macbook menghilangkan tombol-tombol esc sampai f12 guna menggantinya dengan touchbar, dan makin hari kegunaan touchbar mulai dipahami oleh banyak orang setelah beberapa software seperti adobe menambahkan fungsi-fungsi bagus di bagian touchbar.

pemindai wajah

LG dan Samsung sebenarnya sudah pernah mengenalkan pemindai wajah dalam ponselnya, tetapi itu berbeda jauh dengan apple, karena pemindai wajah yang ada di iPhone X menggunakan pemindai secara 3 Dimensi, sehingga tidak adakn bisa di akali dengan menggunakan foto. Kita tunggu akan butuh berapa lama untuk menjadikan ini sebagai trend di pasar smartphon.

Sumber : KASKUS

FacebookGoogle+LinkedInPinterestShare