Honda Vario 150 eSP

honda vario 150 esp
Seperti yang sdah kita ketahui, awal tahun 2015 silam menjadi momentum bagi PT Astra Honda Motor (AHM) yang langsung melancarkan strategi terbarunya demi melawan determinasi kompetitor mereka yang juga telah mengenalkan produk terbaru dan menggembor-gemborkan produk-produk terbarunya. Produk terbaru dari PT AHM tersebut adalah motor yang masuk ke dalam kelas skuter matik terbaru yaitu Honda Vario 150 eSP. Motor skuter matik terbaru dari Honda ini memiliki desain berkelas, mesin berkapasitas lebih besar dan fitur yang luar biasa yang tentunya di atas skuter matik lain di Indonesia. Peluncuran Honda Vario 150 eSP dari PT AHM ini dilakukan pada 14 Januari 2015 lalu yang dilakukan langsung oleh President Director PT AHM yakni Toshiyuki Inuma. Lalu apa sajakah yang diusung oleh skuter matik terbaru Honda yang menjadikan Honda Vario 150 eSP ini menjadi skutik di atas rata-rata pada otomotif Tanah air? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya…

Honda Vario 150 eSP ini diharapkan bisa menjadi produk flagship skutik Honda yang mampu menjawab seluruh ekspektasi pecinta skutik di Tanah Air. Honda Vario 150 eSP ini merupakan skuter matik berkapasitas mesin 150 cc pertama yang diproduksi di Indonesia. Meskipun basis mesinnya memiliki konsep hampir serupa seperti Honda PCX 150 namun dirancang lebih sempurna daripada skuter matik dengan bodi gambot tersebut. Komitmen AHM dalam memberikan produk terbaru diwujudkan melalui Honda Vario 150 eSP ini dengan pengaplikasian desain yang mewah tajam dan agresif serta diperkaya oleh skema warna monoton yang berkelas. Bahkan beragam teknologi dan fitur canggih seperti Answer Back System, Dual Keen Eyes LED Headlight dan Ban Tubeless ditanamkan pada skuter matik Honda terbaru ini agar dapat menambah kenyamanan saat berkendara.

Spesifikasi Honda Vario 150 eSP :

Tampil Lebih Agresif dan mewah :

Melanjutkan kesuksesan New Vario 125 PGM-FI yang menyumbang angka penjualan yang tinggi sejak pertama kali diluncurkan membuat PT AHM masih menerapkan desain pokok Vario lawas tersebut ke dalam spesifikasi Honda Vario 150 eSP ini pada semua sisinya. Namun produk skuter matik terbaru Honda ini terlihat lebih mewah, agresif dan berkelas. Hal tersebut karena pengaplikasian desain yang begitu ekstrim seperti desain produk supercar terbaru mereka yakni Honda NSX Acura yang sangat keren dan lebih sporty. Dimulai dari desain dari livery warna Honda Vario 150 eSP terlihat begitu simpel karena hanya menghadirkan beberapa grafis yang mendung desain dari bodi motor. Tetapi dengan simpelnya desain tersebut membuat Honda Vario 150 eSP ini terlihat lebih menarik dan sporty.

Dimensi Lebih Besar daripada Varian Lawasnya :

Honda Vario 150 eSP yang memiliki 5 varian warna ini memiliki dimensi 1.921 x 683 x 1.096 mm dengan berat kosong 109 kg. Dengan ukuran tersebut maka dimensi yang membalut spesifikasi Honda Vario 150 eSP ini lebih panjang 3 mm, lebih kecil lebarnya 6 mm dan lebih pendek 7 mm dibandingkan generasi lawas skutik ini sebelumnya. Bahkan dengan jarak sumbu roda belakang yang berkurang 1 mm cukup berefek untuk pengendalian menjadi sedikit lebih lincah. Hal tersebut juga dikarenakan memiliki bobot yang lebih ringan 3 kg dibanding generasi Vario 125 PGM-FI sebelumnya. Agar dapat menembus kawasan banjir ringan maka PT AHM menambah jarak motor ke tanah pada Honda Vario 150 eSP yaitu 7 mm lebih tinggi dari generasi sebelumnya.

Dual Keen Eyes Headlight yang Mempercantik Bagian Depannya :

Konsep desain dari lekukan dan buritan bodi pada sisi depan dan samping dari spesifikasi Honda Vario 150 eSP yang kaku membuat skutik ini begitu terlihat gagah dan agresif. Apalagi dengan pengaplikasian Head Lamp berjenis Dual Keen Eyes Headlight yang menggunakan jenis lampu LED yang tergabung satu dengan lampu sein berbentuk menyirip membuat Honda Vario 150 eSP ini terlihat sangat agresif, mewah dan berkelas. Dengan pengaplikasian jenis lampu tersebut maka skutik ini dapat memberikan kemampuan sorotan cahaya yang lebih baik, lebih terang, lebih hemat daya listrik dan memiliki masa pemakaian yang lebih lama sehingga pengendara dapat berkendara dengan baik pada saat gelap atau malam hari.

Panel Indikator yang Lengkap :

Beralih ke spesifikasi Honda Vario 150 eSP pada bagian atas dari kemudi, memiliki spedometer yang simpel namun futuristik. Dengan memiliki beberapa panel penunjuk seperti indikator kecepatan, indikator bahan bakar, indikator trip meter, indikator mesin dan indikator lampu serta sein dapat memberikan informasi yang mudah dibaca mengenai Honda Vario 150 eSP ini saat digunakan. Dashboard bagian penguncian skutik ini pun cukup lengkap sehingga memberikan keamanan yang maksimal saat skuter matik ini ditinggal jauh dari pengawasan pemilik. Pada pijakan kaki dashboard bagian bawah pun sangat luas sehingga dapat memberikan kenyamanan berkendara dengan Honda Vario 150 eSP ini.

Sisi Belakang yang Menunjukkan Sebagai Skutik Sporty :

Beralih ke sisi belakang dari spesifikasi Honda Vario 150 eSP ini memiliki desain stop lamp dan sein menjadi satu yang baru dan lebih besar dari generasi sebelumnya. Namun dengan ukuran yang lebih besar ini membuat Honda Vario 150 eSP terasa lebih mewah dan berkelas seperti skutik premium Honda yakni PCX 150. Bagian spakbor belakang yang besar dan menggantung pun membuat skutik Honda yang satu ini semakin sporty. Beralih ke kaki-kaki dari spesifikasi Honda Vario 150 eSP yang menggunakan ban tubeless berukuran besar yakni 80/90 pada sisi depan dan 90/90 pada sisi belakang dengan velg berukuran 14 inci membuat handling skutik ini lebih stabil dan nyaman. Dengan kaki-kaki motor yang ditopang menggunakan ban jenis tubeless menjadikan Honda Vario 150 eSP sebagai skutik pertama yang diluncurkan oleh produsen motor di Indonesia karena menggunakan ban jenis ini. Kapasitas tangki bahan bakar sebesar 5.5 liter dirasa lebih dari cukup untuk menemani perjalanan panjang karena untuk 1 liternya Honda Vario 150 eSP dapat menembus jarak hingga 52,9 km. Sedangkan untuk penyimpanan bagasi di bawah jok pengemudi berkapasitas 18 liter yang sanggup menampung banyak barang-barang berukuran besar dan dapat menampung sebuah helm full face.

Dapur Pacu dengan Teknologi eSP :

Selanjutnya mari kita beralih ke spesifikasi Honda Vario 150 eSP di sektor dapur pacunya yang menyuplai tenaga untuk motor matik 150cc dari Honda ini. Honda Vario 150 eSP ini memiliki mesin berkapasitas 149,3 cc dengan 4 langkah, SOHC berpendingin cairan, transmisi V-Matic dan memiliki kompresi pembakaran 10:6:1 menghasilkan tenaga yang besar untuk sekelas matik yaitu tenaga maksimal mencapai 9,3 kW (12,46 HP) pada putaran mesin 8.500 RPM dan torsi yang mantap mencapai 12,8 Nm pada putaran mesin 5.000 RPM. Dengan keluaran power yang sedemikian besar tersebut menghasilkan potensi yang cukup mumpuni karena Honda Vario 150 eSP ini memiliki Power to Weight Ratio (PWR) yang besar mencapai 0,114 Hp/Kg. Untuk Honda PCX 150 saja hanya memiliki Power to Weight Ratio (PWR) mencapai 0,99 Hp/Kg. Hal tersebut karena di dukung oleh bobot yang lebih ringan. Selain itu pengaplikasian mesin dengan teknologi eSP terbaru yang disempurnakan menjadikan skutik 150 cc terbaru ini lebih powerfull dan agresif. Bahkan dengan menggunakan injeksi PGM-FI yang digabungkan dengan teknologi eSP ini Honda Vario 150 eSP membukukan konsumsi BBM yang teririt di kelasnya karena mampu menembus jarak 52,9 km/liter dengan mengaktifkan fitur Idling Stop System (ISS). Dengan teknologi eSP yang disematkan pada spesifikasi Honda Vario 150 eSP membuat motor matik ini makin sempurna dan juga menghasilkan emisi gas buang yang lebih rendah dan lebih baik karena menerapkan aturan standar emisi Euro 3.

Fitur Serba Canggih untuk Membuat Anda Nyaman dalam Berkendara :

Sedangkan untuk fitur-fitur dari spesifikasi Honda Vario 150 eSP ini memiliki fitur yang lengkap dan canggih untuk sebuah matik saat ini. Dimulai dari sistem pengunciannya yang menggunakan Ignition Key dengan pengaman kunci bermagnet (Magnetik Key Shutter) membuat sistem penguncian lebih aman untuk mencegah pencurian. Dan untuk membuka jok pengendara, pengguna Honda Vario 150 eSP hanya perlu menekan tombol “Seat” untuk membuka bagasi atau tangki bahan bakar. Fitur Answer Back System yang canggih akan memberikan kemudahan bagi pengendara untuk dapat mengetahui letak posisi motor jika lupa menempatkan Honda Vario 150 eSP pada suatu lokasi. Dengan hanya menekan tombol remote yang dihadirkan pada kunci maka motor akan memberi respons suara sekaligus semua lampu sein akan menyala.

Selanjutnya fitur teknologi eSP pada spesifikasi Honda Vario 150 eSP ini akan memaksimalkan pembakaran bahan bakar yang lebih efisien dan dapat meminimalisir terjadinya gesekan piston yang dapat memberikan bahan bakar terbuang percuma, serta dapat mengoptimalkan energi yang keluar. Lalu untuk ACG Starter yang merupakan fitur terintegrasi dengan teknologi eSP akan menghidupkan mesin Honda Vario 150 eSP dengan suara yang lebih halus dan nyaman. Sedangkan untuk fitur Idling Stop System (ISS) dapat memberikan konsumsi pembakaran BBM yang lebih hemat karena fitur ini akan menyesuaikan skutik ini saat berhenti dengan mematikan mesin selama 3 menit setelah berhenti dan untuk menghidupkan mesin kembali hanya perlu menarik tuas gas.

Selain itu, spesifikasi Honda Vario 150 eSP juga dilengkapi fitur-fitur canggih lain yaitu standar samping otomatis (Side Stand Switch) di mana mesin tidak dapat dinyalakan apabila dalam posisi turun, serta Brake Lock yang mudah dioperasikan untuk mencegah Honda Vario 150 eSP loncat saat dinyalakan atau motor tetap dalam kondisi diam saat berhenti di tanjakan. Dan fitur yang terakhir yang dapat ditemukan pada spesifikasi spesifikasi Honda Vario 150 eSP adalah Combi Brake System yang membantu pengereman roda depan dan belakang dengan porsi yang seimbang sehingga dapat mengurangi atau menghentikan laju kendaraan yang lebih optimal.

Honda Vario 150 eSP

Dimensi
Panjang X Lebar X Tinggi 1.921 x 683 x 1.096 mm
Jarak Sumbu Roda 1.280 mm
Jarak terendah ke tanah 135 mm
Berat kosong 109 Kg
Kapasitas tangki bahan bakar 5,5 liter bahan bakar
Rangka
rangka Tulang punggung
Tipe suspensi depan Teleskopik
Tipe suspensi belakang Lengan ayun dengan shockbreaker tunggal
Ukuran Ban Depan 80/90 – 14 M/C 40P (tanpa ban dalam)
Ukuran Ban Belakang 90/90 – 14 M/C 46P (tanpa ban dalam)
Rem Depan Cakram hidrolik, dengan piston tunggal
Rem Belakang Tromol – sistem pengereman CBS
Mesin
Mesin 4-langkah, SOHC dengan pendinginan cairan, eSP
Kelas 150
Volume Langkah 150 cc
Diameter X Langkah 57,3 x 57,9 mm
Perbandingan Kompresi 10,6 :1
Daya Maksimum 9,3 kW / 8.500 rpm
Torsi Maksimum 12,8 N.m / 5.000 rpm
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin 0,8 liter pada penggantian periodik
Tipe Kopling Otomatis, sentrifugal, tipe kering
Tipe Transmsi Otomatis, V-Matic
Pola Pengoperan Gigi Otomatis
Tipe Starter Pedal dan elektrik
Kelistrikan
Tipe Battery Battery 12V-5Ah, tipe MF
Busi ND U22EPR-9, NGK CPR9EA-9
Pengapian Full Transisterized, Baterai

Sumber : Google dan Astra Honda

FacebookGoogle+LinkedInPinterestShare