Cara Sapu Bersih Jejak Digital di Google

Cara Sapu Bersih Jejak Digital di Google

Tahukah kamu, Google bisa sampai sejauh ini berkat kita loh. Raksasa internet ini bisa mengembangkan beragam produk dan layanan yang bermanfaat karena mengumpulkan semua informasi tentang kita sebagai pengguna setianya.

Jadi sebenarnya tidak ada yang benar-benar gratis. Meski begitu dengan data tersebut, Google menciptakan sesuatu yang berguna buat kita juga. Contoh kecil, kita bisa memantau keadaan lalu lintas melalui Google Maps secara real time. Itu berkat data yang dikumpulkan dari kita juga. Android bisa sampai secanggih seperti sekarang juga boleh dibilang karena kita juga.

Cara Sapu Bersih Jejak Digital di Google

Sangat wajar, jika para pengguna layanan Google punya perasaan cinta sekaligus benci. Kamu mungkin merasa sedikit khawatir mengenai seberapa banyak informasi tentang kamu yang dikumpulkan Google.

Tentu saja hidup itu penuh pilihan, kita juga bisa memutuskan untuk tidak berbagi data. Setidaknya bisa sedikit mengurangi jejak digital dan informasi kita di Google dengan mengikuti beberapa langkah berikut.

Pertama, kunjungi halaman myactivity.google.com untuk menemukan data dan riwayat penelusuran Google. Lebih baik tandai sebagai bookmark, untuk memudahkan bersih-bersih secara rutin.

1

Masuk dengan akun Google, pilih data yang ingin dilihat. Di situ kamu dapat melihat berdasarkan grup atau item. Lebih lanjut kamu juga bisa melihat aktivitas Google lainnya. Jangan ragu untuk bereksplorasi.

Dari sini, kamu bisa memilih opsi apa yang ingin dilihat, seperti aktivitas aplikasi dan web, aktivitas suara dan audio, informasi perangkat, riwayat penelusuran lokasi, serta video YouTube yang ditonton atau dicari.
Setelah memilih salah satu data yang ingin dilihat, perhatian dengan teliti, informasi apa saja yang dimiliki Google tentang kamu. Apakah informasi tersebut perlu disimpan atau dimusnahkan.

Nah, jika kamu ingin data dan informasi tersebut dihapus, klik pilihan “Hapus aktivitas menurut”. Selanjutnya kamu bisa menghapus berdasarkan topik atau produk.

2

Kamu bisa menentukan berapa banyak informasi yang ingin dihapus. Kamu bisa memilih berdasarkan harian (today, yesterday) atau waktu lebih spesifik dengan memilih advanced untuk mingguan, bulanan bahkan selamanya (4 weeks, all time).
Pilih sesuai yang diinginkan dan data serta jejak digital yang tak diinginkan pun hilang.

3

Ada banyak pengguna yang tidak mengetahui bahwa semua aktivitas internet dan ber-smartphone kamu dipantau oleh Google. Memang informasi yang dikumpulkan digunakan untuk meningkatkan layanan yang ujung-ujungnya untuk memanjakan kita.

Tapi, penting juga untuk mengetahui dan mengatur apa saja yang boleh dan tidak boleh dikumpulkan oleh Google. Langkah di atas mungkin sedikit membingungkan, tapi cukup mudah untuk dicoba.

Sumber : KASKUS

FacebookGoogle+LinkedInPinterestShare