Berbagai Motor Tercepat dan Termahal

Berbagai Motor Tercepat dan Termahal

Sepeda motor kini sudah menjadi salah satu moda transportasi yang paling mudah dan paling sering digunakan oleh hampir seluruh masyarakat. Hingga kini sudah tercipta jutaan sepeda motor bahkan dengan mengusung teknologi – teknologi mutakhir yang ada pada motor tersebut. Mulai dari berbagai merek, tipe, jenis, yang memiliki keragaman harga, performa dan fungsi pun mulai bermunculan dan masih akan terus dikembangkan hingga saat ini.

Dari berbagai macam jenis sepeda motor yang ada, tentunya memiliki cara guna yang berbeda. Seperti sepeda motor otomatis yang tanpa menggunakan pengoperan transmisi pada mesin, atau sepeda motor yang menggunakan sistem transmisi pada mesin secara semi otomatis dan manual. Tidak semua sepeda motor memiliki cara mengendarai yang sama karena sesuai dengan berbagai tipe seoeda motor tersebut. Pada dasarnya sepeda motor di dunia secara universal terbagi menjadi beberapa tipe berdasarkan kelas mesin dari sepeda motor itu sendiri.

1. SPORT BIKE

Ini jenis yang motor berkategori sport. Motor jenis ini lebih mengutamakan performa daripada kenyamanan. Ciri ciri motor ini adalah : 1. Memiliki riding position membungkuk 2. Memiliki jok belakang bertingkat 3. Menggunakan fairing 4. Suspensi belakangnya menganut sistem monoshock. Motor ini digunakan untuk balapan di jalan beraspal. Karena jarak bodi motor dan tanah lumayan rendah. Hal ini untuk menjaga aerodinamis motor agar motor bis melaju kencang tanpa hambatan dari bodi. Sekali lagi ini adalah jenis motor balap.

Tercepat: Dodge Tomahawk

Dodge Tomahawk

Sejak diperkenalkan sebagai motor konsep di kota Detroit, Michigan Amerika Serikat pada ajang North American International Auto Show tahun 2003 lalu, motor ini telah menarik perhatian insan otomotif dunia. Sampai dengan saat ini DODGE TOMAHAWK yang diproduksi sebagai non-street legal concept vehicle oleh Dodge, telah terjual sebanyak 9 unit dengan harga jual sebesar 550 ribu dollar Amerika atau sekitar 6,6 miliar rupiah. Motor ini menggunakan mesin V10 SRT10 yang diambil dari mesin mobil Dodge Viper berkapasitas 8.3 liter dengan daya maksimal yang dihasilkan sebesar 500hp.

Dodge secara luar biasa mengkalim kecepatan maksimal motor ini yaitu mencapai 420 mph atau 680 km/jam namun kemudian direvisi kembali dan akhirnya kecepatan tertingginya turun menjadi 300 mph atau 480 km/jam dengan alasan yang tidak disebutkan oleh para juru bicara pihak Dodge. Perhitungan angka kecepatan tertinggi harus berdasarkan pada rasio tenaga kuda dan rasio final drive namun pihak Dodge menolak untuk melakukannya.

Termahal: Dodge Tomahawk V10 Superbike

Dodge Tomahawk V10 Superbike

Dodge Tomahawk V10 Superbike, yamg merupakan motor pertama di dunia yang memiliki harga sangat mahal yakni memiliki harga motor senilai US$ 555.000 atau setara dengan 6,6 Milyar rupiyah.

Sungguh harga yang sangat fastastis untuk sebuah motor, motor yang dibuat oleh pabrikan asal America Serikat yakni Dogde mampu melaju hingga 420 mil per jam. Motor yang telah mengguakan type mesin V10 dengan kapasitas 8300 cc serta dilengkapi dengan sistem transmisi 2 percepatan. Motor yang memiliki disain yang sangat unik ini juga di lengkapi dengan caliper rem dengan jumlam banyak yakni 16 piston untuk rem depan dan 8 piston untuk rem belakangnya.

2. ROAD BIKE SPORT

Motor jenis ini digunakan di jalan beraspal, namun tidak digunakan untuk ajang balapan. Motor jenis ini digunakan untuk sehari-hari. Motor jenis ini mempunyai jarak bodi dan tanah yang lebih tinggi dibandingkan Sport Bike. Motor jenis ini juga bisa digunakan di medan berbatu, walaupun penggunaannya terbatas, dibandingkan dengan motor jenis Offroad Bike.

Tercepat dan termahal: MTT Turbine Y2K Superbike

MTT Turbine Y2K Superbike

Menggunakan mesin turbin Rolls-Royce-Allison Model 250, sepeda motor ini bisa menghasilkan tenaga 320 HP (238 kW), bandingkan dengan kekuatan sepeda motor mesin piston tercepat yaitu Suzuki Hayabusha 1400 CC yang hanya mencapai 190 HP. Dengan kekuatan ini motor tersebut bisa melaju hingga kecepatan maksimum 370 km/jam hanya dalam waktu 15 detik! Motor ini juga tidak dipasang pembatas kecepatan seperti maksimum kecepatan yang diperbolehkan di Jepang misalnya, yang hanya diperbolehkan maksimum kecepatan motor untuk umum sampai dengan 300 km/jam.

Harga jangan ditanya lagi, pada tahun 2004 saja untuk mendapatkan satu unit motor ini harus memesannya terlebih dahulu dengan harga US$ 185.000 off the road. Tak heran dia dikategorikan sebagai “Sepeda motor paling bertenaga” dan “Sepeda Motor paling mahal” oleh Guinness Book World of Record.

Berbeda dengan motor bertenaga jet yang pertama dibuat yaitu menggunakan mesin jet besar untuk mendorong motor dengan semburan gas nya, Y2K menggunakan rantai penggerak yang dihubungkan dari roda ke mesin seperti motor piston biasa dengan perpindahan 2 kecepatan (gigi 1 dan gigi 2), saat kecepatan awal mungkin tidak terlalu terasa kecepatannya, tapi ketika katup terbuka tenaga bertambah dengan sangat ekstrim dan motor melaju dengan percepatan yang luar biasa.

3. CRUISER BIKE

Motor jenis ini umumnya bergaya Chopper. Karena ciri ciri motor jenis ini adalah Retro Classic, memiliki torsi mesin yang besar dan mempunyai kemampuan menarik beban besar. Biasanya motor jenis ini identik dengan mesin 2 silinder, riding position yang santai dan bergaya Chopper.

Tercepat: Yamaha Star VMAX

Yamaha Star VMAX

Harga yamaha Vmax yang mecapai 500 juta rupiah membuat motor Yamaha Vmax ini menjadi salah satu motor dengan harga termahal yang dijual di Indonesia. Namun pada nyatanya motor yang memiliki harga terkesan mahal ini memang memiliki perfoma motor yang tangguh dan handal. Memakain mesin motor yang berkapasitas 1.600 cc denagn type mesin 4 tak, 4 silinder, DOHC 4 katup dengan sistem pendingin Liquid Cooled membuat motor yamaha Vmax ini menjadi makin bertenaga.

Memakai jenis mesin tersebut motor yamaha Vmax ini mampu mengeluarkan tenaga maksimum sebesar 147,2 kW pada putaran 9.000 rpm dengan torsi yang mencapai 166,8 Nm pada putaran 6.500 rpm. Selain itu hadir dengan membawa teknologi terbaru dari Yamaha, yamaha Vmax kali ini dibekali dengan teknologi baru dar Yamaha yakni teknologi WSBK yang dilengkapi dengan teknologi khas MotoGp yakni Yamaha Chip Controlled Intake (YCC-I) dan Yamaha Chip Controlled Throttle (YCC-T).

Termahal: 1 Million Dollar Harley Davidson

Harley Davidson

Merk motor super, Harley Davidson pasti sudah cukup akrab di telinga kamu, karena memang ini merupakan salah satu merk paling terkenal soal moge. Predikat sebagai motor termahal di dunia ini dimiliki oleh 1 million dollar Harley Davidson. Banyak orang yang akan mengira bahwa motor ini jadi termahal karena mesin 6 silinder dan kerangkanya, namun sebenarnya alasan motor ini bisa memegang predikat ini adalah karena desain unik dari Jack Armstrong yang menghiasi motor ini. Motor yang mendapat julukan “Cosmic Starship” ini menampilkan sisi pendekatan seni yang unik dari Armstrong yang disebut sebagai Cosmic Exsistentialism. Seperti namanya, motor ini dipatok dengan harga USD1 miliar atau Rp13 miliar.

4. OFFROAD BIKE

Jenis motor yang dikhususkan untuk melibas medan berat. Misalnya medan berbatu dan berlumpur. Motor jenis ini mempunyai ciri kontur ban kasar, menyerupai pacul atau tahu. Motor jenis ini mempunyai torsi besar dan tahan banting. Jarak bodi dan tanah relatif tinggi. Motor jenis ini tidak mengejar top speed, namun akselerasi. Motor jenis ini memiliki jenis suspensi yang lebih daripada motor lain karena penggunaannya di medan berat.

Tercepat dan termahal: BMW 1200 GS Adventure (125 mph)

BMW 1200 GS Adventure

Motor ini mensugung mesin super besar dengan dua silinder yang menawarkan kapasitas 1,170cc. Berbekal mesin tersebut tak heran bila harga BMW R 1200 GS Adventure yang satu ini dibandrol super mahal oleh BMW Motorrad, karena untuk bisa memiliki motor adventure terbaik dari BMW ini sobat harus rela merogoh kocek yang cukup dalam mencapai kurang lebih 700 juta rupiah. Namun dengan harga mahal tersebut sobat juga akan memiliki motor yang penuh dengan teknologi terbaik di kelasnya.

Salah satu teknologi yang terkenal dari BMW R 1200 GS Adventure adalah teknologi mode Riding Rain & Road yang di pasangkan pada motor ini dengan tujuan untuk setiap pengguna mampu menyesuaikan torsi atau settingan mesin dengan kondisi yang ada, baik kondisi jalanan basah, hujan, berlubang, dan lainnya sehingga kenyamanan berkendaran menggunakan motor ini akan tetap bisa mengesankan. Lalu seperti apa lengkapnya teknologi, spesifikasi dan berapa harga BMW R 1200 GS

5. SKUTER

Motor jenis ini mempunyai ciri khas yaitu adanya ruang kosong diantara kemudi dan pengendara. Pabrikan pelopor pembuat skuter ialah Piaggio. Pabrikan asal Italia ini sukses dengan varian Vespanya. Sehingga sampai saat ini skuter selalu identik dengan Vespa Piaggio. Motor jenis ini sangat cocok untuk pengendara wanita. Saat ini skuter banyak yang menggunakan tranmisi otomatis.

Termahal: A Vespa 90SS

A Vespa 90SS

Vespa Super Sprint 90 pertama kali diperkenalkan pada 1965. Motor ini diproduksi hingga 1971 dan berhasil menjadi ikon skuter sport. Di pasar Italia, motor yang diproduksi sejumlah 5.309 unit ini tersedia dalam dua warna yakni, merah dan biru. Dari sisi desain, SS90 menganut stang sport, roda cadangan yang terdapat di sela-sela kaki dengan tangki sebagai bantalan untuk mendapatkan posisi duduk yang pas ketika ingin berakselerasi. Inilah yang menjadi ciri khas dari Vespa SS90.

“Keistimewaan Vespa SS90 adalah body-nya yang kecil dan ramping. Vespa ini bisa dibilang the world most expensive,” kata Dody Awwalul Fadhly, seorang pecinta Vespa fanatik.Menyoal jantung pacu, Vespa SS90 disuntik mesin berkubikasi 88,5 cc yang mampu memproduksi 6 horse power (hp) pada 6.000 rpm. Motor ini hadir dengan dua versi 50 dan 125. Kemudian, Vespa SS90 menggunakan jenis rangka smallframe, ban berdiameter 10 inci dan didukung transimisi 4 percepatan yang mampu menjanjikan kecepatan maksimum 93 km/jam. Nah, dengan nilai sejarah yang ada pada Vespa SS90 serta cuma tersedia 5.309 unit, motor ini pun memiliki harga yang relatif tinggi, lebih dari US$ 7 ribu atau setara Rp 91,7 juta.

Sumber : KASKUS

FacebookGoogle+LinkedInPinterestShare