5 Rider MotoGP Dengan 2 Pabrikan Berbeda

5 Rider MotoGP Dengan 2 Pabrikan Berbeda

Balapan MotoGP sudah digelar sejak tahun 1949. yang artinya sudah lebih dari 60 tahun lamanya kejuaraan tertinggi balap motor ini berlangsung. tentunya menjadi juara di kelas utama (MotoGP) adalah impian setiap pembalap yang ikut di ajang ini. Total sudah ada 16 pembalap yang pernah mencicipi manisnya juara dan ada 8 pabrikan yang mengirimkan motornya menjadi champions. dari total 16 pembalap menjadi juara dunia MotoGP hanya ada 5 yang mampu menjadi juara dengan dua pabrikan berbeda. siapakah mereka? berikut rangkumanya.

1.  Geoff Duke

Geoff Duke

Selanjutnya pembalap yang melakukannya adalah Legenda abadi MotoGP asal Italia Giacomo Agostini yang juga pemegang gelar terbanyak dalam sejarah MotoGP dengan 8 Gelar. 7 Gelar juara ia raih dilakukan bersama pabrikan MV Agusta yang juga berasal dari negaranya. sedangkan 1 gelar ia raih bersama Yamaha.

2.  Giacomo Agostini

Giacomo Agostini

Pembalap asal Inggris Geoff Duke adalah orang pertama yang pernah menjadi juara dunia MotoGP dengan 2 pabrikan berbeda. yaitu di tahun 1951 bersama Norton dan 1933, 1954, 1955 bersama Gilera. Norton adalah pabrikan asal Inggris sedangkan Gilera adalah Pabrikan asal negri Pizza Italia. Untuk Pabrikan Norton itu adalah satu satunya gelar juara di MotoGP.

3.  Eddie Lawson

Eddie Lawson

Eddie Lawson menjadi orang ketiga dalam sejarah yang mampu melakukan hal ini. Pembalap asal Amerika Serikat ini berhasil menjadi juara dunia MotoGP bersama Yamaha pada tahun 1984, 1986 dan 1988. sedangkan gelar Juara dunia yang diraih tahun 1989 ia lakukan bersama Pabrikan Honda.

4.  Valentino Rossi

Valentino Rossi

Di era 90an tak ada pembalap MotoGP yang mampu menjadi juara dunia dengan 2 pabrikan berbeda. baru di era Milenium legenda hidup MotoGP saat ini Valentino Rossi melakukannya. setelah berhasil menjadi juara dunia 3 kali berturut turut bersama Honda di tahun 2001, 2002 dan 2003, Rossi melanjutkannya bersama Yamaha dan menjadi juara di tahun 2004, 2005, 2008 dan 2009.

5.  Casey Stoner

Casey Stoner

Dan orang terakhir yang mampu menjadi juara dunia MotoGP dengan dua pabrikan berbeda adalah Casey Stoner. Stoner menjadi juara Dunia di tahun 2007 dengan pabrikan Ducati dan di tahun 2011 ia juara bersama Honda. namun yang dilakukan Stoner terbilang luar biasa karna ia mampu menjadi Juara bersama pabrikan yang bukan unggulan yaitu Ducati. ini menjadi gelar juara satu satunya Pabrikan asal italia tersebut.

Sumber : KASKUS

FacebookGoogle+LinkedInPinterestShare