15 Rekor Dunia Yang Dipegang Indonesia

15 Rekor Dunia Yang Dipegang Indonesia

1.Negara kepulauan terbesar
Indonesia menjadi negara kepulauan terbesar yang ada di dunia. Negara tercinta kita ini terdiri dari 17.504 pulau, dan di antaranya masih terdapat 9.634 pulau yang belum dinamai dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni.

2.Negara maritim terbesar
Bukan hanya menjadi negara kepulauan terbesar, Indonesia juga menjadi negara maritim terbesar di dunia. Luas perairan di Indonesia mencapai 93 ribu km2 dan panjang pantai sekitar 81 ribu km 2 yang setara dengan hampir 25% panjang pantai di dunia.

3.Negara dengan penduduk muslim terbesar
Sebagaimana yang kita ketahui, mayoritas penduduk Indonesia memeluk agama islam, meski bukan seluruhnya dan tidak mengadopsi sistem pemerintahan islam. Mengingat Indonesia juga merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar ke-empat di dunia, maka tidak heran jika Indonesia pun didapuk sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia.

4.Negara dengan jumlah suku bangsa terbanyak
Seperti yang sudah dikatakan di atas, Indonesia memiliki jumlah suku bangsa terbanyak di dunia. Lebih dari 740 suku bangsa dimiliki oleh Indonesia. Dari jumlah tersebut, sebanyak 240 suku berada di Papua.

5.Negara dengan jumlah bahasa terbanyak
Karena memiliki jumlah suku terbanyak, Indonesia juga menjadi negara yang memiliki jumlah bahasa daerah terbanyak. Di Indonesia terdapat 583 bahasa daerah dan 67 dialek dari bahasa induk. Tentunya, ditambah satu bahasa nasional, bahasa Indonesia.

6.Penghasil gas alam cair terbesar
Indonesia tercatat sebagai pemegang rekor dunia yaitu penghasil gas alam cair terbesar di dunia, 20% dari pasokan gas alam di seluruh dunia. Selain itu, Indonesia juga menjadi produsen timah terbesar kedua.

7.Pengekspor kayu manis terbesar di dunia
Sekitar 80% kayu manis yang ada di pasar dunia diekspor oleh Indonesia. Hal itu menjadikan Indonesia sebagai negara pengekspor kayu manis terbesar di dunia.

8.Keragaman Anggrek terbesar di dunia
Di Indonesia terdapat 6.000 jenis anggrek yang menjadikan Indonesia sebagai biodiversity anggrek terbesar di dunia. Anggrek terbesar (anggrek macan atau Grammatophyllum Speciosum), anggrek terkecil (Taeniophyllum), maupun anggrek langka (anggrek hitam) ada di Indonesia.

9.Pulau Jawa menjadi pulau terpadat di dunia
Pulau Jawa menjadi pulau yang terpadat di dunia. Bagaimana tidak, hampir 60% penduduk Indonesia atau sekitar 130 juta jiwa tinggal di pulau yang hanya 7% dari luas Indonesia.

10.Candi Borobudur menjadi monumen Buddha terbesar di dunia
Monumen Buddha yang terbesar di dunia adalah Candi Borobudur yang terletak di Jawa Tengah. Tinggi candi ini 42 meter dengan 10 tingkat dan panjang relief lebih dari 1 km. Borobudur dibangun oleh Dinasti Syailendra pada masa Mataram Kuno selama kurang lebih 40 tahun.

11.Peringkat pertama dalam produksi berbagai produk pertanian
Sektor pertanian memang menjadi salah satu sektor andalan di Indonesia. Indonesia menduduki peringkat pertama dalam produksi beberapa produk pertanian, seperti cengkeh dan pala. Selain kedua jenis itu, Indonesia menempati posisi kedua untuk produk pertanian yang berupa karet alam dan minyak sawit mentah.

12.Memiliki hutan bakau terbesar di dunia
Tanaman bakau bermanfaat untuk mencegah abrasi atau pengikisan akibat air laut. Nah, Indonesia memiliki hutan bakau terbesar di dunia, lho. Jadi nggak perlu takut abrasi.

13.Tim bulutangkis pria meraih lambang supremasi terbanyak
Tim bulutangkis pria Indonesia menjadi tim peraih lambang supremasi, Thomas Cup, terbanyak. Indonesia meraih sebanyak 13 kali yang pertama kali diraih tahun 1958 dan terakhir tahun 2002. Semoga bisa dapat lagi ya.

14.Memiliki binatang purba
Di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur banyak ditemukan salah satu spesies hewan purba yang tidak lain tidak buka adalah komodo. Komodo menjadi kadal terbesar di dunia dengan panjang mencapai 3 meter dan beratnya bisa mencapai 90 kg.

15. Memiliki bunga terbesar
Bunga Rafflesia Arnoldi merupakan bunga terbesar di dunia dan bisa memiliki diameter sampai 1 meter. Bunga yang terkenal dengan sebutan bunga bangkai ini biasanya tumbuh di Sumatra.

SUMBER : KASKUS

FacebookGoogle+LinkedInPinterestShare