1 Juta Akun Google Dicemari oleh Gooligan

1 Juta Akun Google Dicemari oleh Gooligan, Ini Cara Hindarinya

1 Juta Akun Google Dicemari oleh Gooligan. Malware bernama Gooligan dilaporkan berhasil membuat 1 juta akun Google terkena serangan. Malware ini bekerja melalui sejumlah aplikasi palsu yang biasanya diunduh via sumber pihak ketiga.

Meski begitu ada beberapa langkah yang bisa diambil untuk menghindari dan memastikan bahwa perangkat dan akun Google tetap aman, sebagaimana yang dilaporkan Slash Gear, Kamis (1/12/2016).

  1. Jangan menginstal dari pihak ketiga. Selain itu yang lebih penting, jangan meng-klik link yang mengklaim untuk mengunduh APK gratis untuk aplikasi. Di samping itu, jika Anda melihat unduhan yang mencurigakan dari APK, jangan instal dan segera hapus aplikasi tersebut.
  2. Sekarang mungkin saat yang baik bagi Anda untuk menginstal beberapa aplikasi anti-malware.
  3. Cek apakah akun Google Anda telah disusupi.

Namun jika, Anda salah satu korban yang dikompromisasikan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan:

  1. Format ulang perangkat Android Anda, baik oleh Anda sendiri maupun teknisi bersertifikasi OEM Anda.
  2. Kemudian, ubah password akun Anda segera.

Sebagian besar malware biasanya hanya mencuri satu atau dua informasi atau bahkan melakukan sesuatu untuk perangkat Anda, namun lain halnya dengan Gooligan, malware yang bisa membahayakan akun Google.

Gooligan merupakan malware yang membahayakan akun Google karena mengompromisasikan informasi dari 13.000 perangkat setiap harinya.

Diwartakan Android Headlines, Kamis (1/12/2016), malware menargetkan pengguna Android versi lawas hingga Android 5.1 (Lollipop). Artinya, pengguna yang berada pada Android 6.0 (Marshmallow) atau lebih tinggi, mungkin aman dari malware ini. Malwere sendiri telah ditemukan di seluruh dunia, terutama di pasar dengan konsentrasi perangkat dengan spesifikasi rendah yang menjalankan Android versi lawas.

Malware bekerja melalui sejumlah aplikasi palsu, biasanya diunduh melalui sumber pihak ketiga, di mana pengguna bisa meng-upload dan men-download apa pun yang mereka inginkan, bebas dari perlindungan Google Play Store.

Sejak menemukan bug, perusahaan keamanan Check Point telah bekerja sama dengan Google untuk melihat malware dan kerentanan untuk diperbaiki. Selain itu, mereka juga telah membuat alat untuk memeriksa akun Anda

Sumber : KASKUS